Gerak
tari merupakan unsur utama dari tari. Gerak di dalam tari bukanlah
gerak yang realistis, melainkan gerak yang telah diberi bentuk ekspresif
dan estetis. Gerak tari selalu melibatkan unsur anggota badan manusia.
Gerak dalam tari berfungsi sebagai media untuk mengkomunikasikan
maksud-maksud tertentu dari koreografer.
Gerak
di dalam tari adalah gerak yang indah. Yang dimaksudkan dengan gerak
yang indah adalah gerak yang telah diberi sentuhan seni. Gerak-gerak
keseharian yang telah diberi sentuhan seni akan menghasilkan gerak yang
indah. Misalnya gerak berjalan, lari, mencangkul, menimba air di sumur,
memotong kayu dan sebagainya, jika diberi sentuhan emosional yang
mengandung nilai seni, maka gerak-gerak keseharian tersebut akan tampak
lain.
Gerakan tari yang indah membutuhkan proses pengolahan atau penggarapan terlebih dahulu, pengolahan unsur keindahannya bersifat stilatif dan distortif:
1. Gerak Stilatif
Gerak yang telah mengalami proses pengolahan (penghalusan) yang mengarah pada bentuk-bentuk yang indah.
2. Gerak Distorsif
Pengolahan gerak melalui proses perombakan dari aslinya dan merupakan salah satu proses stilasi.
Dari hasil pengolahan gerak yang telah mengalami stilasi dan distorsi lahirlah dua jenis gerak tari, yaitu gerak murni (pure movement) dan gerak maknawi.
1. Gerak murni
Gerak yang digarap untuk mendapatkan bentuk yang artistik dan tidak dimaksudkan untuk menggambarkan sesuatu. Dalam pengolahannya tidak mempertimbangkan suatu pengertian tertentu, yang dipentingkan faktor keindahan gerak saja.
2. Gerak maknawi
Gerak maknawi merupakan gerak yang telah diubah menjadi gerak indah yang bermakna dalam
pengolahannya mengandung suatu pengertian atau maksud tertentu,
disamping keindahannya. Gerak maknawi di sebut juga gerak Gesture,
bersifat menirukan ( imitative dan mimitif ).
a. Imitatif adalah gerak peniruan dari binatang dan alam.
b. Mimitif adalah gerak peniruan dari gerak-gerik manusia.
Gerak
adalah bahan baku utama tari. Untuk itu, sebelum membuat sebuah karya
tari kita akan mempelajari seluk beluk gerak. Gerak ini nantinya
akan disusun menjadi tarian yang indah dipandang. Pertama – tama
buatlah gerakan untuk tari tunggal. Jika dirasa sudah baik, kembangkan
menjadi gerak tari berpasangan atau berkelompok. Dalam menyajikan sebuah
tarian, perhatikan dan terapkan hal – hal berikut:
a. Penguasaan materi gerak dan ekspresi yang akan ditarikan
b. Ketepatan gerak dengan iringan
c. Penguasaan ruang pentas
d. Rasa percaya diri
A. RAGAM GERAK TARI DAERAH
Masing
masing daerah memiliki budaya dan selera yang berbeda – beda. Karenanya
jika kita mengamati tariannya terdapat perbedan bentuk gerak dan teknik
memperagakannya.
Ragam
gerak tari kerakyatan banyak menggunakan imitatif dan ekspresif.
Gerakannya menirukan kegiatan dan emosi manusia sampai menirukan
perangai binatang.
Ragam
gerak tari klasik banyak menggunakan gerak murni dan gerak ekspresif
serta imitatif yang telah distilir atau diperhalus. Tema gerakannya juga
menirukan kegiatan manusia dan perangai hewan tetapi gerakannya sudah
terpilih dan mempunyai nilai simbolik dengan patokan atau pola- pola
gerak yang sudah ditentukan.
Ragam
gerak tari kreasi baru merupakan paduan beberapa ragam gerak tari
tradisional, sehingga menjadi bentuk baru. Bentuk baru ini terasa lebih
dinamis dan energik karena didukung oleh generasi muda dan ditata oleh
koreografer yang kreatif. Tokoh tari kreasi baru di Indonesia sangatlah
banyak. Beberapa diantaranya yaitu :
1. Bagong Kusudiharjo dari Yogyakarta
2. Guruh Soekarno Putra dari Jakarta
3. Didik Nini towok dari Yogyakarta
4. Munasiah Najamuddin dari Jenoponto, Ujung Pandang
5. Sardono W. Kusumo
6. Farida Faisal
7. Denny Malik
Gerak tari tradisional:
1. Gerak Jari
a. Ngruji / ngrayung, semua jari rapat tegak lurus, ibu jari masuk ditekuk merapat telapak tangan. Tangan kiri dan kanan sama.
b. Nyempurit,
ujung ibu jari bertemu dengan ujung telunjuk membentuk bulatan dan
jari – jari lainnya melengkung mengikuti arah jari tengah. Tangan kanan
dan kiri sama.
c. Nagarangsang / boyomangap, seperti ngruji atau ngrayung hanya ibu jari membuka lurus kedepan. Tangan kanan dan kiri sama.
d. Nyekithing, ruas ibu jari bersinggung dengan ruas jari tengah paling depan, jari–jari lainnya melengkung searah jari tengah.
2. Gerak Kaki
a. Nggrundho, sikap kaki nggrundho yaitu sikap dengan dua kaki mendhak sifat gantung.
b. Lumaksono, berjalan ke depan. Sikap dan posisi kaki kiri lumaksono dengan arah telapak kaki serong ke luar atau meger timun.
c. Gejuk atau Seblak, sikap kaki kiri gejuk atau dihentakkan ke lantai terap di belakang tumit kaki kanan.
d. Tanjak kiri
e. Trecetan , melangkah jinjit dengan cepat ke kanan atau ke kiri.
f. Kicat
0 komentar:
Posting Komentar